Cara Membuat Music Player Menggunakan Multimedia Builder [Bagian Ketiga]

Akhirnya kita sampai pada bagian penutup, yaitu bagian ketiga. Pada bagian ketiga ini kita akan melengkapi Music Player kita dengan fitur pencarian file Audio (Search Audio), random playlist dan next/previous track. Anda bisa download pekerjaan saya di UsersCloud dengan password NewBlog. Oke, simak baik-baik tutorial berikut ini.. 

  1. Buka aplikasi Multimedia Builder (MMB) dengan klik dua kali pada shortcut-nya di desktop, buka file project kita sebelumnya yaitu MusicPlayerku.mbd. Klik menu [File] > [Open], cari direktori dimana file tersebut disimpan kemudian klik [Open]. Project yang kita kerjakan minggu lalu akan terlihat di lembar kerja.
  2. Pertama kita akan menambahkan fitur pencarian file Audio yang keren. Dengan fitur ini maka semua file Audio dalam suatu drive atau direktori tertentu otomatis akan tercatat pada daftar lagu. Hapus dulu button tanda panah keatas atau yang paling terpisah. Sekarng, kita perlu membuat suatu tombol untuk mengaktifkan fitur ini. Klik icon [Text Button] pada toolbar sebelah kiri lembar kerja. Kursor otomatis akan berubah menjadi tulisan [Place here]. Klik di lembar kerja, akan terlihat tombol baru yaitu [Botton]. Atur letak tombol tersebut agar tepat berada diatas tombol [Daftar Lagu].
  3. Klik dua kali pada tombol [Botton], akan muncul kotak dialog Text Button. Pada form Text tuliskan “Cari Lagu. Pada field Action klik pada tombol [External Commands & Page Action]. Pada field On Mouse Click, pilih [Audio Open]. Sementara pada form Path tuliskan “D:” (tanpa tanda petik). Hal ini berarti akan dilakukan pencarian file MP3 pada drive D:. Tentu saja Anda bisa menggantinya sesuai lokasi dimana Anda menyimpan file-file MP3 Anda, misalnya E, F atau G. Kemudian klik [OK] dua kali.
  4. Lakukan tes terhadap fitur pencarian file Audio yang baru saja kita buat. Klik kanan pada lembar kerja kemudian pilih [Test current page]. Akan muncul tampilan Music Player Anda. Klik tombol [Cari Lagu], proses pencarian file akan memakan waktu beberapa saat. Selanjutnya klik [Daftar Lagu], bila tidak ada masalah pasti sekarang kotak dialog Audio List telah berisi daftar semua file MP3 yang ada dalam drive D:. Apabila tidak ada masalah tutup dulu test page ini dengan klik icon close yang ada di kanan atas.
  5. Sekarang kita akan menambahkan fitur random playlist pada MP3 player kita. Pertama buat tombol seperti pada langkah 2, beri nama “Acak Lagu”. Pada field Action klik pada tombol [More Action (Script)]. Pada field Start Clicking (Mouse down) klik tombol [Wizard] yaitu tombol yang bergambar tongkat ajaib. Muncul kotak dialog baru yaitu Script Wizard. Pada form Action pilih [SongListRND] kemudian klik [OK] tiga kali. Letakkan tombol [Acak Lagu] ini dibawah tombol [Daftar Lagu].
  6. Lakukan tes terhadap fitur random list ini. Caranya seperti pada langkah 4, klik pada tombol [Cari MP3] > [Acak Lagu]. Kemudian klik [Daftar Lagu], pasti saat ini daftar lagu menjadi tidak berurutan alias acak (bandingkan dengan daftar lagu pada gambar 4). Bila telah berjalan sempurna tutup dulu test page ini.
  7. Selanjutnya kita akan menambahkan fungsi next/previous track pada MP3 Player ini. Pertama-tama kita memerlukan 2 tombol untuk masing-masing fungsi tersebut. Anda bisa membuat sendiri kedua tombol ini, namun untuk praktisnya kita akan menggunakan tombol fast forward dan backward yang telah ada pada tombol kontrol MP3. Caranya cukup mudah klik tombol [fast forward] kemudian lakukan proses kopi dengan tekan tombol [Ctrl+C] dan kemudian tekan [Ctrl+V] untuk paste. Hasil proses kopi akan menimpa tombol yang lama. Klik tombol tersebut dan letakkan pada tempat yang Anda inginkan. Lakukan langkah yang sama untuk tombol Backward. Letakkan kedua tombol baru tersebut pada posisi yang bersebelahan di bawah tombol [Acak].
  8. Pertama kita akan melakukan pengaturan untuk fungsi Next Track. Klik dua kali pada tombol hasil pengkopian tombol Fast Forward yaitu tombol dengan tanda panah kekanan. Akan muncul kotak dialog Bitmap Button. Pada form Action klik tombol paling kiri yaitu tombol bergambar jari tangan. Muncul kotak dialog External Commands and Page Actions. Pada form On Mouse Click ganti pilihan string menjadi [None] kemudian klik [OK].
  9. Selanjutnya masih pada kotak dialog Bitmap Button, pada field Action klik tombol [More Action (Script)] yaitu tombol paling kanan bergambar pena. Akan muncul kotak dialog More Action (Script Language). Pada field Start Clicking (Mouse Down) klik tombol [Wizard] yaitu tombol yang bergambar tongkat ajaib. Pada kotak dialog Script Wizard yang muncul, pilih [SongListNext] pada form Action. Selanjutnya klik [OK] tiga kali.
  10. Untuk melakukan pengaturan pada tombol Previous Track, lakukan seperti pada langkah 8 dan langkah 9. Namun di kotak dialog Script Wizard, pada form Action pilih [SongListPrev]. Sebagai tambahan berikan tulisan “Track” diantara tombol [Next Track] dan [Previous Track]. Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya simpan project kita dengan menekan [Ctrl+S].
  11. Sekarang kita siap untuk melakukan compile terhadap project kita. Caranya klik [File] > [Compile], akan muncul kotak dialog Check Project and Compile Output Files. Klik tombol [Locate] yang akan memunculkan kotak dialog Distribute files. Tentukan letak direktori file output, pada form File name tuliskan MusicPlayerKu3. Terakhir klik [Save] dan [OK]. Untuk menjalankan Music Player ini, eksekusi file MusicPlayerku3.EXE.
Oke, sekian tutorial saya tentang Cara Membuat Music Player Menggunakan Multimedia Builder. Saya harap dapat Anda manfaatkan. Terimakasih atas kunjungannya..

Previous
Next Post »