Cara Membuat Music Player Menggunakan Multimedia Builder [Bagian Kedua]

Jika Anda mengikuti bagian pertama dari artikel ini pada edisi yang lalu pasti sekarang Anda sudah memiliki Music Player buatan sendiri. Sebagai lanjutannya pada edisi ini kita akan melengkapi Music Player kita dengan dua fitur tambahan yaitu daftar lagu (playlist) dan pengaturan volume. Anda bisa men-download buatan saya di UsersCloud dengan password NewBlog. Oke, simak langkah-langkah berikut ini..
  1. Buka aplikasi Multimedia Builder (MMB) dengan klik dua kali pada shortcut-nya di desktop, kemudian buka file project kita sebelumnya yaitu MusicPlayerku.mbd. Klik menu [File] > [Open], cari direktori dimana file tersebut disimpan kemudian klik [Open]. Project yang kita kerjakan minggu lalu akan terlihat di lembar kerja.
  2. Sekarang kita akan menambahkan daftar lagu (playlist) dalam Music Player kita. Pertama-tama kita harus membuat tombol untuk mengakses menu daftar lagu. Pada toolbar di sebelah kiri lembar kerja klik [Text Button] yaitu icon bertuliskan ab. Selanjutnya kursor akan berubah menjadi tulisan [Place here]. Klik di lembar kerja dimana tombol akan diletakkan. Setelah itu akan terlihat tombol baru yaitu [Botton].
  3. Selanjutnya klik dua kali pada tombol [Botton], akan muncul kotak dialog Text Button. Pada form Text tuliskan “Daftar Lagu”. Pada form Action klik pada tombol [More Action (Script)]. Pada field Start Clicking (Mouse down) klik tombol [Wizard] yaitu tombol yang bergambar tongkat ajaib. Muncul kotak dialog baru yaitu Script Wizard. Pada form Action pilih [AudioListEdit]. Kemudian klik [OK] tiga kali.
  4. Agar daftar lagu tersebut dapat dimainkan kita harus sedikit memodifikasi tombol [Play] pada Audio Control. Caranya klik pada Audio Control kemudian lakukan ungroup dengan menekan [Ctrl+U]. Selanjutnya klik dua kali pada tombol [Play], akan muncul kotak dialog Bitmap Button. Pada form Action klik tombol paling kiri yaitu tombol bergambar jari tangan. Muncul kotak dialog External Commands and Page Actions. Pada form On Mouse Click pilih [None] kemudian klik [OK].
  5. Masih pada kotak dialog Bitmap Button, pada form Action klik tombol [More Action (Script)] yaitu tombol paling kanan bergambar pena. Akan muncul kotak dialog More Action (Script Language). Pada field Start Clicking (Mouse Down) klik tombol [Wizard] yaitu tombol yang bergambar tongkat ajaib. Pada kotak dialog Script Wizard yang muncul, pilih [AudioListPlay] pada form Action. Selanjutnya klik [OK] tiga kali.
  6. Sekarang kita akan menambahkan fungsi pengatur volume pada Music Player ini. Pertama-tama kita memerlukan tombol untuk fungsi menaikkan volume. Pada toolbar di sebelah kiri lembar kerja klik icon Text Button yaitu icon bertuliskan [ab]. Selanjutnya kursor akan berubah menjadi tulisan [Place here]. Klik di lembar kerja dimana tombol akan diletakkan. Setelah itu akan terlihat tombol baru pada lembar kerja yaitu [Botton].
  7. Selanjutnya klik dua kali pada tombol [Botton], akan muncul kotak dialog Text Button. Pada form Text ketikkan “+”. Pada form Action klik pada tombol [More Action (Script)]. Pada field Start Clicking (Mouse down) klik tombol [Wizard] yaitu tombol yang bergambar tongkat ajaib. Akan muncul kotak dialog baru yaitu Script Wizard. Pada form Action pilih [VolumeUp]. Kemudian klik [OK] tiga kali. Selanjutnya sesuaikan ukuran tombol tersebut agar tidak terlalu besar. Caranya dengan klik pada [+] kemudian klik pada ujung kotak yang berwarna hitam dan drag untuk mengecilkan ukurannya sesuai keinginan.
  8. Untuk membuat tombol pengurangan volume lakukan lagi langkah 6 dan 7. Namun pada form Text tuliskan “-". Kemudian pada kotak dialog Script Wizard dalam form Action pilih [VolumeDown]. Letakkan tombol [-] dan [+] bersebelahan, diantaranya berikan teks “Volume”, caranya klik icon [Aa] pada toolbar di sebelah kiri lembar kerja. Kemudian klik di lembar kerja. Akan muncul tulisan Double click here… Klik dua kali pada tulisan tersebut maka akan muncul kotak dialog Text Properties. Ganti tulisan Double click here.. dengan tulisan “Volume” kemudian klik [OK]. Tempatkan text tersebut tepat diantara tombol [-] dan [+].
  9. Simpan dulu project kita dengan menekan [Ctrl+S]. Sekarang kita siap untuk melakukan kompile terhadap project kita. Caranya klik [File] > [Compile], akan muncul kotak dialog Check Project and Compile Output Files. Klik tombol [Locate] yang akan memunculkan kotak dialog Distribute files. Tentukan letak direktori file output, pada form File name tuliskan MusicPlayerKu2 atau apapun. Terakhir klik [Save] dan [OK].
  10. Sekarang kita siap untuk mencoba Music Player yang telah dilengkapi dengan daftar lagu dan pengatur volume ini. Jalankan MP3Player kita dengan eksekusi pada file MusicPlayerku2.EXE. Untuk memasukkan lagu-lagu dalam daftar lagu pertama-tama buka Windows Explorer kemudian buka direktori penyimpanan file Audio Anda. Pilih seluruh file yang akan dimasukkan dalam daftar lagu dengan menekan [Ctrl+A]. Selanjutnya aktifkan kembali MusicPlayerku2 yang sebelumnya dalam keadaan minimize. Klik [Daftar Lagu], akan muncul kotak dialog Audio List. Pada Windows Explorer klik file yang sudah dipilih tersebut kemudian drag ke dalam jendela Audio List.
  11. Selanjutnya kita harus melakukan penyimpanan dari daftar lagu tersebut. Masih pada kotak dialog Audio List, klik [Save] kemudian tentukan direktori penyimpanan kemudian pada form File name isikan nama daftar lagu yang Anda inginkan, misalnya “Daftar Laguku” terakhir klik [Save]. Daftar lagu ini akan disimpan dalam file berekstensi .m3l. Setelah Anda menyimpan daftar lagu selanjutnya Anda tidak perlu lagi melakukan proses drag and drop dari Windows Explorer setiap kali ingin memainkan lagu, cukup klik [Daftar Lagu] kemudian klik [Load], cari file daftar lagu Anda dan klik [Open]. Daftar lagu akan terlihat di kotak dialog MP3 List.
Oke, sekian Cara Membuat Music Player Menggunakan Multimedia Builder [Bagian Kedua] ini. Pada edisi selanjutnya kita akan melengkapi lagi MP3 Player ini dengan fitur pencarian file MP3, random playlist dan next/previous track. Sampai jumpa pada edisi selanjutnya dan terimakasih atas kunjungannya..

Previous
Next Post »